Menguras Radiator

1296ganti-coolent-yoga1.jpgKalau mau lebih maksimal, langkah menguras radiator coolant bisa dilakukan sendiri. Kan makin bersih pendinginan juga maksimal. “Untuk itu setelah dikuras, dibilas dulu pakai air keran,” terang Dendy Primaulana, servis advisor, PT Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda Jakarta-Tangerang.1297ganti-colent-yoga2.jpg

Hukumnya wajib menunggu mesin dingin dulu. Supaya ketika membuka tutup radiator, air tidak muncrat dan tidak mengenai kulit. Awas! Langkah pertama setelah buka cover radiator, lanjut buka baut pembuangan coolant di bagian bawah (gbr. 1).

Letakkan wadah untuk menampung air radiator yang kotor. Lalu buka tutup bagian atas (gbr. 2). Setelah terkuras, tutup kembali lubang pembuangan bagian bawah dengan baik. Yang ada dibalik radiator, yaitu saluran pipa besar.

1298ganti-coolent-yoga3.jpgSelanjutnya, salurkan air keran melalui slang yang dihubungkan dari lubang bagian atas radiator (gbr. 3). “Ini berfungsi mengangkat kotoran yang ada di dalam radiator. Sambil mengalirkan air, mesin motor dinyalakan agar air berputar ke seluruh bagian radiator. Kurang lebih selama 5 menit,” terang Dendy lagi.
1299ganti-coolent-yoga-4.jpg
Beres itu buang airnya, sambungkan kembali intake radiator. Juga tutup kembali penutup bawah radiator dilanjut mengisi kembali coolant. “Sebaiknya pakai coolant khusus Honda. Jangan pakai air, karena mengakibatkan korosi di bagian mesin. Coolant yang direkomendasi pabrikan memiliki zat antikorosi,” anjurnya.

Setelah diisi, cek kembali dengan cara menghidupkan mesin selama 5-10 menit. Kalau coolant tidak bergerak turun, berarti sudah mengisi ke mesin. Baru mengisi reservoir melalui lubang yang ada di bawah jok sebagai cadangan (gbr. 4).


Penulis/Foto : Tining/Yoga

0 komentar:

Search Articel

Archives

Followers

Visitor